Archive for the ‘Linux Mint’ Category

Agar DVD/CD Rom Tetap Awet

ini tips dari ane gan supaya dvd rom atau cd rom ente tetap awet.

  1. Lakukan burning/write dengan kecepatan yang kecil, ane saranin dengan kecepatan 4x sampa dengan 8x, karena kalo ente pake kecepatan maximum motor dvd ente akan bekerja sangat cepat sehingga lama2 akan aus, sehingga kurang tahan lama.
  2. Jangan gunakan dvd cleaner atau cd cleaner untuk membersihkan optik, dvd cleaner atau cd cleaner adalah sejenis pembersih optik yang ditetesi ke kepingan kemudian di taruh di dvd rom, karena pengalaman ane setelah make itu bukan tambah bagus, malah ga bisa ngebaca dvd atau cd
  3. Jangan melakukan eject cd atau dvd ketika kepingan sedang berputar kencang. Kalaupun terpaksa pake cara klik kanan -> eject. [kalo emang ga bsa juga langsung aja teken eject didvd rom nya (*benar-benar terpaksa)]

sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8282356

Advertisements

Jangan malu atau takut menggunakan linux

Saya sudah menggunakan Linux khususnya Ubuntu dari versi 8 sampai 11.10 kurang lebih dari tahun 2009, untuk keperluan SERVER, PC kerja dan laptop pribadi. Awalnya saya malu dan takut menggunakan linux karena pasti akan dipandang sebelah mata oleh pengguna windows he he, apaan sih linux? bikin pusing aja windows aja belum habis di utak-atik. Memang butuh keberanian untuk merubah kebiasaan he he, akhirnya saya niat dan berani menggunakan Ubuntu untuk PC kerja saya dengan bantuan Mbah Google, wah ternyata ubuntu mirip windows cuma beda saat instalasinya. Wah tambah semangat 45 berburu artikel tentang ubuntu dan Alhamdulillah sampai bisa mengoperasikan Ubuntu.
Waktu demi waktu enjoy sekali dengan Ubuntu,ternyata banyak sekali aplikasi gratis di ubuntu untuk dicoba.
Sedikit cerita pengalaman dulu, saya pernah di suruh install ulang server oleh Supervisor karena kena virus, wah gawat nih, yg ada dalam pikiran saya…ini pasti lembur…permasalahannya sudah 3 X saya install ulang server karena virus he he, daripada buang waktu mendingan mengerjakan hal baru atau lainnya he he. Akhirnya saya memberanikan diri untuk usul agar server menggunakan Ubuntu Server, “OK setuju dengan syarat kamu garansi 1 hari pastikan tidak ada virus” kata Supervisor saya, ya saya jawab “Baik Pak, klo server masih error karena virus berarti harus menggunakan jendela lagi dan pasang antivirus tercanggih”. Setelah selesai install Ubuntu Trial 1 hari utk memastikan server aman dari virus hasilnya memuaskan, server bebas virus dan Alhamdulillah 2009 sampai sekarang Feb 2012 di perusahaan saya yg lama di Jakarta masih menggunakan Ubuntu Server. Suatu kebanggaan bersama bisa memberikan solusi kepada perusahaan.

Kesimpulan: Jangan malu atau takut menggunakan linux

Semoga bermanfaat

Cara install dan setting modem AHA di Ubuntu 11.10

Alhamdulillah ketemu juga caranya, ternyata harus masukin manual user dan passwordnya sbb:

1. Buka Network Connections

2. Edit Esia Connections

Cara mengatasi Internal Server Error Croogo ketika install CMS CROOGO

1. Pastikan sudah upload CMS CROOGO
2. Tambahkan “RewriteBase /” disetiap .htaccess
3. Rubah mode 755 ke 777 jika ada file yg tidak bisa di write
4. Selamat mencoba CMS CROOGO

http://croogo.org/

Menginstall CakePHP di Linux Mint

langkah pertama :
install php5, mysql dan apache serta phpmyadmin dari repository ubuntu, karena linux mint ini varian ubuntu, atau bisa juga install xampp versi linux terserah sih,download CakePHP disini download saya kemudian ekstrak file tersebut ke directory var/www/
nah saya pake paketan dari repo harus sedikit konfigurasi apache2 gini nih caranya :

buka terminal/konsole, kemudian login sebagai root
fondix@fondix-Elyssa ~ $ sudo -i
[sudo] password for fondix:

fondix-Elyssa ~ # cd /
fondix-Elyssa / # gedit /etc/apache2/sites-available/default **saya pake editor gedit, bisa juga pake editor lainnya kok
nah pasti ke buka tuh script konfigurasinya, kemudian ubah settingan menjadi seperti ini :

DocumentRoot /var/www/

Options FollowSymLinks
AllowOverride all

Options Indexes FollowSymLinks MultiViews
AllowOverride All
Order allow,deny
allow from all

setelah di ubah, trus di simpan dong, trus quit deh
proses blm selesai nih, masih di terminal/konsole ketik ini :

fondix-Elyssa / # a2enmod rewrite **Enable mod_rewrite

ribet yah, hohohohoho tapi disinilah seninya (menurut saya, hehehe)

sekarang mengubah hak akses file cakephp yg td di download, oh iya jangan lupa rename nama file cakephp td yang di ekstrak ke directory var/www/ (htdocs di linux)
fondix-Elyssa / # cd var/www/
fondix-Elyssa www # find /var/www/belajarcake/ -type d -exec chmod 755 { } \;
fondix-Elyssa www # find /var/www/belajarcake/ -type f -exec chmod 644 { } \;
fondix-Elyssa www # chown -R www-data:www-data belajarcake/

**belajarcake itu folder cakephp yg udah saya rename

buka browser ketik localhost/belajarcake maka akan muncul dah tuh tampilan awal cakephp
contoh tampilan awal

kemudian ini apaan yah ??
Notice (1024): Please change the value of ‘Security.salt’ in app/config/core.php to a salt value specific to your application [CORE\cake\libs\debugger.php, line 557].
solusinya ada disini nih klik saya

Sumber Inspirasi :

http://blog.myinfinityx.com/

http://www.phpfreaks.com/forums/index.php?topic=221452.0

tutorial Joomla Untuk pemula, oleh Nur Aini Rakhmawati

http://fondix.wordpress.com/2009/06/02/menginstall-cakephp-di-linux-mint/

Manajemen Bandwidth Dengan WebHTB

Apakah Anda pernah mengalami hal ini, ketika Anda membuka internet di kantor, koneksinya sangat lemah. Padahal pada saat itu Anda hendak mengirimkan data ke klien atau sedang menyelesaikan tugas penting. Alhasil pekerjaan Anda mengalami sedikit kendala. Usut punya usut ternyata hampir semua pegawai sedang membuka internet, entah pada saat itu pegawai sedang mendownload sesuatu atau sedang melakukan streaming. Kalau sudah begini apa yang harus dilakukan perusahaan?

Hampir semua perusahaan mempunyai masalah seperti hal itu. Untuk mengakalinya, perusahaan menggunakan suatu aplikasi yang disebut WebHTB. WebHTB merupakan aplikasi yang berbasis web yang digunakan untuk membatasi besarnya bandwidth client pada suatu jaringan. Aplikasi ini dapat memberikan batasan kecepatan browsing ataupun download pada masing-masing klien. Penggunaan webhtb berdasarkan rules pada kartu jaringan pada server, jadi semua alur data yang melewati kartu jaringan akan segera terfilter oleh webhtb.

Fitur-fitur yang ada di dalam webhtb adalah

Melakukan pembatasan bandwidth untuk upload dan download pada host berdasarkan alamat ip

Pembatasan bandwidth berdasarkan alamat ip private (SNAT), hanya dengan menggunakan satu file konfigurasi

Mendukung penggunaan alamat kartu jaringan u16 dan u32 untuk upload dan download.

Dan masih banyak yang lain.

Continue reading

Cara burning file ISO ke flasdisk di Linux Mint

1. Buka Menu – Software Manager
2. Search -> unetbootin kemudian pilih install

3. Jika sudah selesai buka Menu – System Tools – UNetbootin

4. Pilih DiskImage dan Pilih Drive USB nya – OK
5. Tunggu sampai selesai
6. Selamat mencoba