Install Driver NVIDIA Di Ubuntu 9.04 (Acer 4530)

Hehehehehe sebenarnya saya dah lama coba-coba migrasi sebagian ke ubuntu, walaupun gak 100%. mrgreen Tapi masih mending lah artinya gak semuanya saya pake bajakan… Wkkkkkk mrgreen

Oiya, barusan saya update ubuntu, biar tambah manthab si “Jaunty Jackalope” ini. Eeeeh gak taunya, setelah diupdate dan direstart malah NVIDIA laptop gak kebaca lagi. Wuaaadduuhhh guawat nih. Ga bisa online maen catur lagi dunk. Wkwkwkwkwkw mrgreen

Akhirnya, tanpa banyak basa-basi lagi, saya pun segera meng-update driver NVIDIA. Hehehehe

Naah bagi temen-temen yang masih pemula, sama seperti saya. Bisa ikutin cara berikut :

1. Asumsi : laptop sampeyan adalah Acer 4530 dengan Video Card NVIDIA dan Nginstall Ubuntu yang Linux AMD64
2. Silahken menuju link berikut : http://www.nvidia.com/object/unix.html
3. Cari yang ada tulisan bold Linux AMD64/EM64T
4. Pilih yang latest version, saat ini (barusan saya install lagi) adalah versi 185.18.14
5. Silahken di unduh… Tunggu sampe downloadnya selesai (minum kopi dulu deh nunggu downloadan selesai minum. Monggo diminum)
6. Setelah di download, copy-paste file ke direktori home–user.
7. Masuk ke Command-Prompt dengan cara menekan [ctrl]+[alt]+[f1]
8. Login lah sebagai super user (kalo malas gak apa-apa juga). Wkwkwkwkw Tapi nanti ingat dalam setiap perintahnya mesti mengikutkan kata sudo. Kalo loginnya sebagai super user yaa udah gak usah pake perintah sudo lagi. hehehee (dulu saya sempet bingung, kok ada yang pake sudo ada juga yang nggak)
9. Saya anggap sampeyan login gak jadi super user
10. Nonaktifkan desktop manager gnome, dengan cara ketik :

sudo /etc/init.d/gdm stop

11. Install driver VGA dengan cara ketik :

sudo sh NVIDIA-Linux-x86_64-185.18.14-pkg2.run

Naah untuk yang pertama pilih accept aja, kemudian klo gak salah muncul pertanyaan untuk download precompiled kernel terserah mau pilih apa, kalo lagi konek internet pilih yes juga gak apa-apa kok. wkwkwkwkw Saya sih pilih yes… mrgreen Pokoknya selanjutnya terserah sampeyan, ikutin aja petunjuknya, eh maksud saya baca dulu petunjuknya baru diikuti. Wkwkwkwkw Setelah selesai, sampeyan bakalan dikembalikan ke comand prompt.

12. Lalu aktifkan desktop manager gnome :

sudo /etc/init.d/gdm start

13. Selamat Anda sudah berhasil… Dan rasakan bedanya… Hehehehehe

Oke… Semoga sukses pake linux-nya… Saya juga udah mulai kerasan maen pake linux. Hehehehehe Tapi berhubung tugas kuliah saya masih banyak pake aplikasi di jendela yaa akhirnya kembali lagi pake bajakan… Wkwkwkwkw Hidup Bajakan…. mrgreen

Klo ditanya kenapa gak pake “wine” aja. Malas…. makan banyak resource laptop saya. Toh tetep aja ujung-ujungnya make bajakan. Wkwkwkwkwkw

sumber:http://sulae.blogspot.com

5 responses to this post.

  1. Anda bingung install vga di ubuntu..????
    Bagi anda yang masih bingung install vga di ubuntu, cara yang paling gampang adalah menggunakan EnvyNG.

    Reply

  2. Posted by apin on October 21, 2009 at 12:48 am

    permisi,saya pemakai ubuntu 8.04 mau minta bantuan abang nih. waktu saya matikan desktop manager gnome perintah sudo /etc/init.d/gdm start, kok layar langsung ke command prompt dan lama lagi prosesnya banyak….kira kira berapa jam selesai proses gitu. moohon kasih gambaran dah putus asa nih mau install driver nvidia saya. terima kasih

    Reply

  3. Terima kasih Jamian tambahan ilmunya, tipsnya mantap liat disini https://yandikomputer.wordpress.com/2009/10/22/install-vga-di-ubuntu/

    Reply

Leave a Reply

