Cara Mengaktifkan webcam laptop di Ubuntu Karmic 9.10

Screenshot-1

Mmmm senengnya udah bisa aktif webcamnya he he …gw pake Acer Aspire 4732Z, kemarin coba download drivernya eh ternyata gak ada versi linuxnya, waduh gimana ya…lalu gw tanya mbah Google deh dan ketemu deh cara aktifinnya sbb:

  1. Buka Terminal login sebagai root
  2. Ketikan perintah: sudo apt-get install cheese
  3. Klo sudah selesai, buka aplikasinya di Sound & Video – Cheese Webcam Booth
  4. Selamat mencoba
sumber:http://ubuntuforums.org
59 responses to this post.

  1. Posted by uchan on January 9, 2010 at 8:19 am

    thanks bgd neh infonya.saya bakaln coba deh…cz kmren biz diinstal ulang tuh webcam ga bisa aktif…
    oia sklaian,tombol Fn yg di keyboard juga ga bs ngbaca.knpa tuh kra2?truz cara ngaktifinnya gmna?dtunggu ya jawabnya…thankzzzzzzzzz

    Reply

    • ya sama2, saya juga pakai ubuntu 9.10 di acer 4732z tombol Fn semua bisa berfungsi, coba update ubuntunya dulu, mungkin blom support driver bawaan ubuntunya he he

      Reply

      • Posted by ira on January 26, 2011 at 8:37 am

        tombol fn tuh wat ap ci??

        oh yh saya udh coba masuk keterminal tau udh bisa / gk nya dri mna?
        thanx

      • tombol fn berfungsi untuk mengatur cahaya lcd atau display ke projector, coba tekan fn+panah kanan atau kiri, tekan fn+f6 untuk pilihan display ke projector, semoga membantu

  2. Saya pake Axioo Neon dengan chipset SIS dengan OS Ubuntu Karmic 9.10. Cheese bisa berjalan tanpa masalah.
    Selamat mencoba. Thanks utk tulisannya.

    Reply

  3. Posted by kaka on February 6, 2010 at 4:16 am

    thanks bozz….:D

    Reply

  4. saya pake msi u100 series, sudah bisa sih install cheese nya, tapi pas coba mau dipake katanya ‘no camera found’ padahal di laptopnya kan ada webcam nya?

    itu gimana yah biar bisa.. soalnya saya pengen biar bisa jalan webcamnya saat pake skype.

    mohon bantuannya.

    thanks a lot!

    Nita

    Reply

    • Kemungkinan masalah driver, coba buka terminal lalu ketikan sudo apt-get update lalu enter, note: harus koneksi internet Klo blom bisa….brarti driver di ubuntu tidak support

      Reply

  5. thanks banget yah….
    webcam gw aktif tanpa masalah….
    ada cara buat ngaktifin video and mp3 gak ????
    tolong kirim ke email gw….
    thanks before…
    sukses terus blognya….

    Reply

  6. mas..saya masih newbie.
    login sebagai root itu maksudnya apa?

    Reply

    • login sebagai root maksudnya login dengan user teratas di sistem yaitu root, pada awal instalasi Ubuntu memang kita tidak disuruh memasukan password rootnya. Jadi kita set passwordnya di System – Administration – User and Group lalu pilih root dan masukan paswordnya.

      Buka Terminal dan login sebagai root:
      ketikan su
      dan masukan passwordnya

      selamat mencoba…

      Reply

  7. gan saya sudah update ubuntu nya tetep tombl fn nya ga jalan kenapa y

    Reply

  8. keren keren…………. makasih ya?

    Reply

  9. Posted by Ian on May 16, 2010 at 10:45 am

    saya sudah instal cheese tapi cameranya kabur kabur,mohon bantuannya kang,saya pakai blankon 4 di acer 2920z

    Reply

  10. Posted by Rahditya Surya on June 3, 2010 at 10:41 am

    sip mas…
    Laptop saya Thosiba Satellite ..
    barusant install ubuntu..
    ternyata support webcamnya..
    Maturnuwun mas buat infonya..
    maklum linuxer newbie.. hehe..

    Reply

  11. siiip…

    nice info

    Reply

  12. Posted by Fian on September 2, 2010 at 9:31 pm

    caranya gimana sih? gak ngertii..ajarin dari awal dong mas… saya baru belajar niiih…
    saya jg pake aspire 4732Z…bantuin please

    Reply

  13. Posted by holic on October 7, 2010 at 8:52 am

    cool blog………….thankz kang………

    Reply

  14. Posted by defri on October 9, 2010 at 12:38 am

    makasih mas, kemarin aku dah nyoba pakek camorama kagak bisa, aku ikut saran mas dan berhasil!!!

    Reply

    • Alhamdulillah atuh klo gitu he he , berharap baik semakin banyak yang menggunakan linux yang stabil dan gratis he he he. Dan membuat saya rajin tanya Mbah Google untuk mencari hal baru di ubuntu. Terima kasih ubuntu

      Reply

  15. Posted by andi on December 10, 2010 at 4:49 pm

    mas aq punya notebook axioo pico pjm 812 saat mengaktifkan webcam nya tidak bisa muncul tulisan no device camera, tolong dong solusinya mas. bls di fbq aja yah

    Reply

  16. Posted by Apidh on December 11, 2010 at 8:08 am

    Thank’s mas…
    Oy mas saya punya laptop kyk pux mas acer aspire 4732z,OS saya install win xp.
    saya install driver webcam dari cd acernya mlah mncul mslah pada wktu shutdown tdk bisa mati,yuda saya uninstall.
    Saya coba download applikasi webcam, saat saya install aplikasi webcamnya tu bs tp pas saya jalankan mncul pemberitahuan “Camera not found”.
    Cara mengaktifkannya gmn?mhon pncrahannya…!!!

    Reply

    • sama-sama, kalau saya analisa dari masalah webcam di Acer Anda, setelah Anda uninstall langkah yg harus dilakukan sbb:

      1. Restart dulu laptopnya
      2. Install driver webcam dari CD Acernya
      2. Baru install aplikasi webcam nya lalu restart lagi laptop
      3. Selamat mencoba

      Reply

  17. berhasil mas..
    makasih tutornya.
    :))

    Reply

  18. Posted by daud on January 17, 2011 at 5:08 pm

    saya pakai samsung n208, camnya udah saya instal tp gelaaaaaaap aj pas dbuka. Trus di YM temen katanya status saya ga support buat cam. Apa masalahnya ya?

    Reply

  19. Posted by wahyoe on February 12, 2011 at 8:54 pm

    mas mau nanya…
    kalo di linux mint 10 untuk aktifin webcam d laptop acer pake aplikasi apa???

    thankz before

    Reply

  20. Posted by eska on March 12, 2011 at 5:05 am

    tengkiuuu

    Reply

  21. mas mau tanya, saya udah bisa ngaktifin cheese, n udah juga bisa maen video-video-an, tapi kok hasil keluaran suaranya kecil banget, ada cara untuk membuat volume keluarannya besar gak.

    Trims

    Reply

  22. terminal itu apa ci dan gimana gambarnya

    Reply

  23. Posted by hawari on May 13, 2011 at 10:17 pm

    tank broww solusinya.sukses

    Reply

  24. postingan yang ini sudah membantu saya.
    sebelumnya pernah berpikiran untuk mengaktifkan cam di ubuntu tapi belum pernah coba cari, tapi saat ini memang lagi iseng mau pake cam saat pake OS ubuntu.
    cam di ubuntu saya sudah ter-install,sekarang sudah bisa gaya-gayaan pake cam di ubuntu. hehe…
    tapi kalo boleh saran,untuk perintah di terminal-nya.
    kalo sudah login dengan root di terminal kan harusnya gak usah pake sudo lagi kalo mau install. itu aja sih.
    makasih.

    Reply

  25. Posted by NN on October 14, 2011 at 8:34 am

    saya newbie ka .
    buka terminal rootnya gmna sih

    Reply

  26. Posted by ari on March 17, 2012 at 6:23 am

    mas saya pake laptop advan,,saya udah instal pke cdnya tapi wabcam gak bisa digunakan kenapa ya

    Reply

  27. Posted by putra pujangga on April 24, 2012 at 8:42 am

    saya punya laptop acer, setelah sy instal pake win 7 kemudian sy aktifkan cameranya skaligus pake aplikasi khusus kameranya kok gak bisa yah, bantu dongggg

    Reply

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

